HUBUNGAN ANTARA KESADARAN METAKOGNISI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Penulis

  • Salamah Nurjohar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Meyta Dwi Kurniasih Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2375

Kata Kunci:

Kesadaran Metakognisi, Kemampuan Komunikasi Matematis, Matematika

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi atas kondisi kesulitan siswa dalam mempelajari pelajaran matematika tanpa mempunyai kesadaran metakognisi dan kemampuan komunikasi matematis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kesadaran metakognisi dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMPNegeri 74 Jakarta. Metode pada penelitian ini dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan angket kuisioner dan pemberian soal kemudian dijadikan skor kuantitatif serta pengambilan sampel dengan simple random sampling berjumlah 35 siswa. Pengujian terhadap instrument penelitian menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji linearitas diakhiri dengan uji korelasi agar mendapatkan hasil penelitian. Hasil penelitian ialah terdapat hubungan yang linear antara kesadaran metakognisi dan kemampuan matematis siswa dengan nilai 0,477 >0,05 serta terdapat juga hubungan yang berkorelasi dan positif sebesar 0,756 artinya hubungan antar variabel positif dan memiliki hubungan kuat terlihat pada rentang angka antara 0,60-0,799.

Biografi Penulis

Salamah Nurjohar, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Pendidikan Matematika

Meyta Dwi Kurniasih, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Pendidikan Matematika

Referensi

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179–188. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Amir, Z. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo.

Anih, E. (2021). Pendekatan Metakognisi Sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 06(01), 115–125.

Ariani, D. N. (2018). Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/MI.

Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 96–107. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.958

Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang, 6(2).

https://doi.org/10.26714/jsunimus.6.2.2018.%25p

Diandita, E. R., Johar, R., & Abidin, T. F. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Metakognitif Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 79–97. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.2533.

Dirgantoro, K. P. S. (2018). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.78

Ernawati, N., Kurniasih, N., & Purwaningsih, W. I. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Metakognisi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 392–400.

Fitria, L., Jamaluddin, J., & Artayasa, I. P. (2020). Analisis Hubungan antara Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Matematika dan IPA Siswa SMA di Kota Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(1), 147–155. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2302

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1), 9–18.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS. https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463–474. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Maslahah, W., & Rofiah, L. (2019). Pengembangan Bahan Ajar (Modul) Sejarah Indonesia Berbasis Candi-Candi Di Blitar Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 9(1), 32–43. https://doi.org/10.25273/ajsp.v9i1.3418

Murni, A. (2019). Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.23

Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014). Perbandingan Tingkat Konsistensi Normalitas Distribusi Metode Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors, Shapiro-wilk dan Skewness-Kurtosis. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, 3(2), 127–135.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2006 tentang SKL dalam bidang Matematika.

Rahmawati, N. T., & Sugianto, S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau Dari Kesadaran Metakognisi Siswa Pada Pembelajaran SSCS Berbantuan Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 24–31.

Rasyid, M. A. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 77–86. https://doi.org/10.51836/je.v5i1.116

Rinaldi. (2017). Kesadaran Metakognitif. Jurnal RAP UNP, 8(1), 79–87.

Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33–44. http://dx.doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Alfabeta.

Surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2021 yang diterbitkan pada tanggal 13 September 2021 tentang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas tahun akademik 2021/2022. (t.t.).

Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Unika Atma Jaya.

Wardana, R. W., Prihatini, A., & Hidayat, M. (2021). Identifikasi Kesadaran Metakognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 1–9.

Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272

Wulansari, K. T., Rohana, R., & Marhamah, M. (2022). Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(2), 107–117.

Diterbitkan

2022-10-18

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check