ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA BERKEMAMPUAN TINGGI DI MADRASAH ALIYAH

Penulis

  • Erlinawati Erlinawati Universitas Lampung, Indonesia
  • Haninda Bharata Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2393

Kata Kunci:

kemampuan berpikir kritis, matematis, kemampuan tinggi

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa berkemampuan tinggi di Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan sampel adalah tiga siswa berkemampuan tinggi di kelas X MIPA 1. Data diperoleh dengan tes tertulis yang terdiri dari dua soal uraian. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dengan kemampuan tinggi tidak memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matemaris siswa berkemampuan tinggi di Madrasah Aliyah adalah rendah.

Biografi Penulis

Erlinawati Erlinawati, Universitas Lampung

Pendidikan Matematika

Referensi

Apiati, V., Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167-178. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630

Arslan, R., Gulveren, H., Aydin, E. (2014). A Research on Critical Thinking Tendencies and Factor that Affect Critical Thinking of Higher Education Studies. International Journal of Business and Management, 9(5), 43-59. http://dx.doi.org/10.5539/ijbm.v9n5p43

Celik, H. C., Ozdemir, F. (2020). Mathematical Thinking as a Predictor of Critical Thingking Dispositions of Pre-service Mathematics Teachers. International Journal of Progresive Education, 16(4), 81-98. DOI: 10.29329/ijpe.2020.268.6.

Dwyer, C. P., Hogan, M. J., Stewart, I. (2014). An Integrated Critical Thinking Framework for the 21 st Century. Journal Thinking Skill and Creativity, 43-52. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2013.12.004

Fisher, A. (2013). Critical Thinking An Introduction (Ed.2). UK: Cambridge University Press.

Fitriana, A., Marsitin, R., Ferdiani, R.D. (2019). Analisis Berpikir Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 1(3), 92-96. DOI: https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3764

Gazali, R.Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Jannah,. Budiman, I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Lingkaran. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 237-245. DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.p%25p

Janah, S.R., Suyitno, H., Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad Ke-21. Prosiding: PRISMA Seminar Nasional Matematika, 905-910. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305

Kusumoto, Y. (2018). Enhancing Critical Thinking Through Active Learning. Journal Language Learning in Higher Education, 8(1), 45-63. https://doi.org/10.1515/cercles-2018-0003

Massa, S. (2014). The Development of Critical Thinking In Primary School: The Role Of Teacher’s Beliefs. 387-392, DOI: 10.1016/j.sbspro.2014.05.068

Riskiyah, S., Jannah, U.R., Aini, S.D. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 111-122. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.111-122

Rott, B. (2020). Inductive and Deductive Justification of Knowledge: Epistemological Beliefs and Critical Thinking at the Beginning of Studying Mathematics. Journal Educational Studies in Mathematics, 117-132, https://doi.org/10.1007/s10649-020-10004-1

Sidiq, U., Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.

Sulistiani, E., Masrukan. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 605-612. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21554

Syafitri, E., Armanto, D., Rahmadani, E. (2021). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Science and Social Research, 4(3), 320-325. DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682

Diterbitkan

2022-10-18

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check