PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA PEMAHAMAN MATEMATIS

Penulis

  • Inda Nur Pratiwi Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Nani Ratnaningsih Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Sri Tirto Madawistama Universitas Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2470

Kata Kunci:

Bahan Ajar Interaktif, Lectora Inspire, Pemahaman Matematis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif dengan menggunakan lectora inspirepaapemahaman matematis dan mendeskriipsikan kualitas efektifitasnya pada pemahaman matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research & development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, wawancara dan tes pemahaman matematis. Media yang dikembangakn telah dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba kelompok kecil diberikan kepada 8 peserta didik kelas IX-B sedangkan uji coba kelompok besar diberikan kepada 30 peserta didik kelas IX-A Hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar diperoleh kategori “sangat baikâ€. Kemudian berdasarkan hasil pengujian effect size (ES) diperoleh nilai 1,50 dengan kategori “strong effectâ€. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar interaktif dengan menggunakan lectora inspire valid dan dapat digunakan oleh peserta didik pada pemahaman matematis sebagai sumber belajar.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif dengan menggunakan lectora inspirepaapemahaman matematis dan mendeskriipsikan kualitas efektifitasnya pada pemahaman matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research & development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, wawancara dan tes pemahaman matematis. Media yang dikembangakn telah dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba kelompok kecil diberikan kepada 8 peserta didik kelas IX-B sedangkan uji coba kelompok besar diberikan kepada 30 peserta didik kelas IX-A Hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar diperoleh kategori “sangat baikâ€. Kemudian berdasarkan hasil pengujian effect size (ES) diperoleh nilai 1,50 dengan kategori “strong effectâ€. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar interaktif dengan menggunakan lectora inspire valid dan dapat digunakan oleh peserta didik pada pemahaman matematis sebagai sumber belajar.

KataKunci: Bahan Ajar Interaktif, Lectora Inspire, Pemahaman Matematis

Biografi Penulis

Inda Nur Pratiwi, Universitas Siliwangi

Jurusan Program Pascasarjana Universitas Siliwangi

Referensi

Asnaul NZ. 2018. DASAR-DASAR LECTORA 17. https://asnaulnz.wordpress.com.

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Cohen, J. (1992). Statistical Power Analysis. Current Directions in Psychological Science, 1(3), 98–101.

Hidayah, S. (2020). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1515

Latifah, S., & Utami, A. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MEDIA SOSIAL SCHOOLOGY DEVELOPMENT OF INTERACTIVE PHYSICS TEACHING IPTEK untuk bersaing dengan dunia global , Terlebih lagi peserta didik sudah terbiasa memanfaatkan internet dalam kehidupan sehari-hari . Pada p. 02(1), 36–45.

MANASIKANA, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian Dan Jurnal Koreksi Untuk Kelas Xii Akuntansi Di Smkn 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).

Mudinillah, A. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Penelitian Ipteks, 4(2), 248–258.

Noviyanti, N., & Gamaputra, G. (2020). Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 4(2), 100. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v4i2.2458

Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada siswa SMA kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–203. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320

Nursaadah, I., & Risma, A. (2018). Analisi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Numeracy, 5(1), 1–9.

Permatasari, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP terhadap Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Indikator Pemahaman. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), 11–17. https://doi.org/10.21009/jrpms.032.02

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Di Bandung Barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981

Putri Anggraini, Y. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Kuadrat Pada Siswa Kelas Ix Smpn 2 Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan Dan Matematika : AXIOM, 09(2), 210–223.

Putri, I. A., Siswoyo, S., & Indrasari, W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Usaha dan Energi SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 02(2), 71–78. https://doi.org/10.21009/1.02210

Rafianti, I., Setiani, Y., & Yandari, I. A. V. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Tutorial Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Smp. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3759

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE Pada Anak Usia Dini. Jurnal Intruksional, 1(2), 122–130. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/6258

Safitri, D., Halini, & Nursangaji, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Kuadrat Di Kelas Xi Sman 5 Pontianak. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Kuadrat Di Kelas Xi Sman 5 Pontianak, 53(9), 1689–1699.

Sari, D. P., Nurochmah, N., Haryadi, H., & Syaiturjim, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Pembelajaran Student Teams Achivement Division. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 16. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.7547

Setiyani, S., Putri, D. P., & Prakarsa, D. (2019). Designing Camtasia Software Assisted Learning Media Toward Students’ Mathematical Comprehension in Numeral Material. Infinity Journal, 8(2), 143. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p143-156

Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842

Sopiany, A. N. (2018). Mensinergikan Kemampuan Geometri Dan Analisis Pada Mata Kuliah Kalkulus Diferensial Melalui Bahan Ajar Berbasis Geogebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 164–173. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.15965

Suwarno. 2017. Media Pembelajaran. https://pgsd.binus.ac.id/

Wibawa, S. C., Harimurti, R., Anistyasari, Y., & Sumbawati, M. S. (2017). the Design and Implementation of an Educational Multimedia Interactive Operation System Using Lectora Inspire. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 74–79. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16633

Wulandari, Bekti, M.Pd. dkk. 2017. Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Lectora Inspire. Jurusan pendidikan teknik elektronika dan informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Yani, C. F., Maimunah, M., Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203–214. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.481

Zain, B. M., Wahidah, B., & Ali, N. M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT MELALUI ‘ WHATSAPP DAN FACEBOOK ’ DI KELAS X SMK NEGERI 4 MATARAM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).

Zhang D, Zhao JL, Zhou L, J. F. N. (2004). Can classroom replace e-learning learning? Commun ACM, 47(5), 75–79.

Diterbitkan

2022-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check