PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA PEMAHAMAN MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2470Kata Kunci:
Bahan Ajar Interaktif, Lectora Inspire, Pemahaman MatematisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif dengan menggunakan lectora inspirepaapemahaman matematis dan mendeskriipsikan kualitas efektifitasnya pada pemahaman matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research & development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, wawancara dan tes pemahaman matematis. Media yang dikembangakn telah dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba kelompok kecil diberikan kepada 8 peserta didik kelas IX-B sedangkan uji coba kelompok besar diberikan kepada 30 peserta didik kelas IX-A Hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar diperoleh kategori “sangat baikâ€. Kemudian berdasarkan hasil pengujian effect size (ES) diperoleh nilai 1,50 dengan kategori “strong effectâ€. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar interaktif dengan menggunakan lectora inspire valid dan dapat digunakan oleh peserta didik pada pemahaman matematis sebagai sumber belajar.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif dengan menggunakan lectora inspirepaapemahaman matematis dan mendeskriipsikan kualitas efektifitasnya pada pemahaman matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research & development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, wawancara dan tes pemahaman matematis. Media yang dikembangakn telah dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba kelompok kecil diberikan kepada 8 peserta didik kelas IX-B sedangkan uji coba kelompok besar diberikan kepada 30 peserta didik kelas IX-A Hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar diperoleh kategori “sangat baikâ€. Kemudian berdasarkan hasil pengujian effect size (ES) diperoleh nilai 1,50 dengan kategori “strong effectâ€. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar interaktif dengan menggunakan lectora inspire valid dan dapat digunakan oleh peserta didik pada pemahaman matematis sebagai sumber belajar.
KataKunci: Bahan Ajar Interaktif, Lectora Inspire, Pemahaman Matematis
Referensi
Asnaul NZ. 2018. DASAR-DASAR LECTORA 17. https://asnaulnz.wordpress.com.
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).
Cohen, J. (1992). Statistical Power Analysis. Current Directions in Psychological Science, 1(3), 98–101.
Hidayah, S. (2020). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1515
Latifah, S., & Utami, A. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MEDIA SOSIAL SCHOOLOGY DEVELOPMENT OF INTERACTIVE PHYSICS TEACHING IPTEK untuk bersaing dengan dunia global , Terlebih lagi peserta didik sudah terbiasa memanfaatkan internet dalam kehidupan sehari-hari . Pada p. 02(1), 36–45.
MANASIKANA, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian Dan Jurnal Koreksi Untuk Kelas Xii Akuntansi Di Smkn 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).
Mudinillah, A. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Penelitian Ipteks, 4(2), 248–258.
Noviyanti, N., & Gamaputra, G. (2020). Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 4(2), 100. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v4i2.2458
Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada siswa SMA kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–203. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320
Nursaadah, I., & Risma, A. (2018). Analisi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Numeracy, 5(1), 1–9.
Permatasari, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP terhadap Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Indikator Pemahaman. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), 11–17. https://doi.org/10.21009/jrpms.032.02
Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Di Bandung Barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981
Putri Anggraini, Y. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Kuadrat Pada Siswa Kelas Ix Smpn 2 Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan Dan Matematika : AXIOM, 09(2), 210–223.
Putri, I. A., Siswoyo, S., & Indrasari, W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Usaha dan Energi SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 02(2), 71–78. https://doi.org/10.21009/1.02210
Rafianti, I., Setiani, Y., & Yandari, I. A. V. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Tutorial Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Smp. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3759
Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE Pada Anak Usia Dini. Jurnal Intruksional, 1(2), 122–130. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/6258
Safitri, D., Halini, & Nursangaji, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Kuadrat Di Kelas Xi Sman 5 Pontianak. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Kuadrat Di Kelas Xi Sman 5 Pontianak, 53(9), 1689–1699.
Sari, D. P., Nurochmah, N., Haryadi, H., & Syaiturjim, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Pembelajaran Student Teams Achivement Division. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 16. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.7547
Setiyani, S., Putri, D. P., & Prakarsa, D. (2019). Designing Camtasia Software Assisted Learning Media Toward Students’ Mathematical Comprehension in Numeral Material. Infinity Journal, 8(2), 143. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p143-156
Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842
Sopiany, A. N. (2018). Mensinergikan Kemampuan Geometri Dan Analisis Pada Mata Kuliah Kalkulus Diferensial Melalui Bahan Ajar Berbasis Geogebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 164–173. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.15965
Suwarno. 2017. Media Pembelajaran. https://pgsd.binus.ac.id/
Wibawa, S. C., Harimurti, R., Anistyasari, Y., & Sumbawati, M. S. (2017). the Design and Implementation of an Educational Multimedia Interactive Operation System Using Lectora Inspire. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 74–79. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16633
Wulandari, Bekti, M.Pd. dkk. 2017. Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Lectora Inspire. Jurusan pendidikan teknik elektronika dan informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Yani, C. F., Maimunah, M., Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203–214. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.481
Zain, B. M., Wahidah, B., & Ali, N. M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT MELALUI ‘ WHATSAPP DAN FACEBOOK ’ DI KELAS X SMK NEGERI 4 MATARAM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).
Zhang D, Zhao JL, Zhou L, J. F. N. (2004). Can classroom replace e-learning learning? Commun ACM, 47(5), 75–79.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Please find the rights and licenses in Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika. By submitting the article/manuscript, the author(s) accept this policy.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
2. Author's Warranties
The author warrants that the article is original, written by a stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika's spirit is to disseminate articles published for free. Under the Creative Commons license, Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika when distributing works in the journal.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in one's future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for one's purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika).
5. Co-Authorship
If other authors jointly prepared the article, any author submitting the manuscript warrants that all co-authors have authorized them to agree on this copyright and license notice (agreement) on their behalf and agree to inform their co-authors of the terms of this policy. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will not be held liable for anything arising from the author(s) internal dispute. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
This agreement entitles the author to no royalties or other fees. To such an extent that it is legally permissible, the author waives their right to collect royalties relative to the article regarding any use by Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika.
7. Miscellaneous
Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will publish the article (or have it published) in the journal if the editorial process is completed. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika h editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing, and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published to be publicly accessible, and such access will be free of charge for the readers, as mentioned in point 3.