ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DALAM MENYELESAIKAN SOAL RELASI DAN FUNGSI

Penulis

  • Nida Rifdatul Amalia Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2606

Kata Kunci:

mathematical thinking, relation and function, bloom’s taxonomy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir matematis siswa Ketika mengerjakan soal relasi dan fungsi dengan menggunakan taksonomi Bloom. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian yakni tiga siswa kelas VIIIA SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir matematis dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik reduksi data, penyajian data, kemudian terakhir penetapan kesimpulan. Penelitian ini medapatkan hasil bahwa dalam menyelesaikan suatu permasalahan, siswa lebih mudah untuk mengerjakan soal pada level kognitif C1 hingga C3, yaitu pada level mengingat, memahami, dan menerapkan. Proses berpikir yang dilalui siswa, mayoritas terletak pada proses Specializing dan Generalizing. Siswa mampu dengan mudah untuk mengidentifikasikan masalah dan menuliskan ide mereka pada lembar jawab. Siswa mengalami kesulitan pada proses Conjecturing dan Convincing. Siswa belum mampu untuk memadukan ide yang mereka peroleh pada kasus yang sejenis, serta memberi penjelasan terkait hasil akhir yang diperoleh siswa. Temuan dari penelitian ini bisa dimanfaatkan guru untuk menyusun rancangan pembelajaran guna meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa. 

Referensi

Agustina, L. R., & Khotimah, R. P. (2018). Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). Konfrrensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) III.

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78

Amalia, R. (2016). Kemampuan Berpikir Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 118–125. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i2.2568

Bermejo, V., Ester, P., & Morales, I. (2021). How the Language of Instruction Influences Mathematical Thinking Development in the First Years of Bilingual Schoolers. Frontiers in Psychology, 12(April), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.533141

Brendefur, J. L., Thiede, K., Strother, S., Bunning, K., & Peck, D. (2013). Developing Mathematical Thinking: Changing Teachers’ Knowledge and Instruction. Journal of Curriculum and Teaching, 2(2), 62–75. https://doi.org/10.5430/jct.v2n2p62

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika Smp. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Discovery Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396

Fendrik, M. (2020). Relevansi Berpikir Matematis Terhadap Perkembangan Psikososial Berbasis Teksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(2). https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i2.29649

Kahar, M. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMA kota Sorong terhadap Butir Soal dengan Graded Response Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 11. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1389

Kamariah, & Marlissa, I. (2016). An Error Analysis in Relation and Function Test Solving in Class VII SMP Negeri Buti Merauke. Magistra, 3(1), 30–42.

Kumleh, S. Z. A., Roodposhti, F. R., Shahvarani, A., & Lotfi, F. H. (2017). Lower-Order Mathematical Thinking Skills in Finance, from the Viewpoint of Financial Employees in the Iranian Bank of Industry and Mine. European Journal of Contemporary Education, 6(3), 414–431. https://doi.org/10.13187/ejced.2017.3.414

Monteleone, C., White, P., & Geiger, V. (2018). Defining the Characteristics of Critical Mathematical Thinking. Annual Meeting of the Mathematics Education Research Group of Australasia, July, 559–566. https://eric.ed.gov/?id=ED592443

Permanasari, V., Sugiarto, B., & Kurniawati, I. (2013). Efektifitas Pendekatan Pembelajaran Open-kreativitas Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1), 31–38.

Primasatya, N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 50. https://doi.org/10.33474/jpm.v2i1.206

Raharjo, A. M., & Christanti, A. D. I. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Kanisius Gayam Dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi. Journal Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, 1(1), 12.

Rahayu, G. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berbasis Kemampuan Penalaran Menggunakan Kategori Kesalahan Watson. Journal On Education, 01(03), 267–274.

Siskanti, V. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Kelas VIII SMP. 03(1), 54–61.

Sutama, S., Sofia, S., & Novitasari, M. (2020). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika Berorientasi Pisa Dalam Konten Perubahan Dan Hubungan Pada Siswa Smp. Jurnal VARIDIKA, 31(2), 29–36. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10216

Van Zoest, L. R., Leatham, K. R., Peterson, B. E., & Stockero, S. L. (2016). Conceptualizing the Teaching Practice of Building on Student Mathematical Thinking. Proceedings of the 38th Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 1281–1288.

Wardhani, W.A., Subanji, & D. (2016). Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Kerangka Kerja Mason. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 297–313.

Yusuf Al-Amin, B. M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(1), 49–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.5.1.49-65

Zakiyah, S., Imania, S. H., Rahayu, G., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematik Serta Self-Efficacy Siswa Sma. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 647. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p647-656

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check