META ANALISIS : PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERPENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Ika Fitriani Fitriani Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Kristina Wijayanti
  • Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)
  • Scolastika Mariani
  • Arief Agoestanto

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Kritis, PjBL, STEM, Metaanalisis

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan dalam pembelajaran matematika. Salah satu model yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kemampan berpikir kritis matematis adalah model project based learning (PjBL) terintegrasi STEM karena memiliki  kelebihan  yaitu  siswa mengonstruksikan pemahamannya sendiri melalui pengalaman nyatanya. Tujuan dari penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh model project based learning (PjBL) berpendekatan STEM terhadap  kemampuan berpikir kritis matematis siwa. Jenis  penelitian  ini  adalah meta-analisis.  Dari hasil  penelusuran diperoleh  10  jurnal ilmiah semua  sampel merupakan penelitian  eksperimen. Teknik  analisis  data  pada penelitian  ini  menggunakan  teknik analisis besar pengaruh atau effect size.  Selanjutnya  digunakan  uji  paired  sample  t-test  untuk  mengetahui  apakah  terdapat  perbedaan  rata-rata  dua kelompok   yang   saling   berpasangan   atau   berhubungan. Rata-rata effect  size secara  keseluruhan yaitu 1,436  menguatkan  hasil  bahwa model pembelajaran  project based Learning berpendekatan STEM memiliki pengaruh yang besar  terhadap  kemampuan  berpikir kritis matematis. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa model project based learning (PjBL) terintegrasi STEM memberikan efek yang positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Biografi Penulis

Ika Fitriani Fitriani, Universitas Negeri Semarang

Setiap kesulitan pasti ada kemudahan

Referensi

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Ahmad, D. N., Astriani, M. M., & Mal, A. (2020). Analisis Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Menggunakan Metode STEAM-PjBL. Diskusi Panel Nasional …, 331–336. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4755

Aini, M., Ridianingsih, D. S., & Yunitasari, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Stemterhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 247–253. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.118

Dewi, N. N. S. K., Arnyana, I. B. P., & Margunayasa, I. G. (2023). Project Based Learning Berbasis STEM: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 133–143. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59857

Gandi, A. S. K., Haryani, S., & Setiawan, D. (2021). The Effect of Project-Based Learning Integrated STEM Toward Critical Thinking Skill Article Info. Journal of Primary Education, 10(1), 18–23. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/33825

Indriani, K. W. ade. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Proyek Terintegrasi Stem. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 51. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2462

Inovasi, J., Matematika, P., Published, S. A., Tujuan, A., Learning, P. B., & Negeri, V. S. M. P. (2023). 1*,2,3. 5(2), 180–190.

Jumaisyaroh, T., & Hasratuddin, E. E. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 5(1). https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i1.4786

Khoiriyyah, N., Qomaria, N., Ahied, M., Rendy, D. B., Putera, A., & Sutarja, M. C. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 3(2), 55–66. https://doi.org/10.35719/vektor.v3i2.61

Mahmudah, U. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning dan Problem Based Learning. Tscj, 3(2), 69–78.

Mariamah. (2017). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Penguasaan Materi Siswa SMP Negeri 8 Kota Bima. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 138–145.

Mari?i?, S., & Špijunovi?, K. (2015). Developing Critical Thinking in Elementary Mathematics Education through a Suitable Selection of Content and Overall Student Performance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180(November 2014), 653–659. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.174

OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018. I–III, 1–8. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69

Pramasdyahsari, A. S., Setyawati, R. D., Aini, S. N., Nusuki, U., Arum, J. P., Astutik, L. D., Widodo, W., Zuliah, N., & Salmah, U. (2023). Fostering students’ mathematical critical thinking skills on number patterns through digital book STEM PjBL. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(7). https://doi.org/10.29333/ejmste/13342

Priatna, N., & Lorenzia, S. A. (2018). Project-based learning integrated with STEM to improve mathematical critical thinking skills. Prosiding SNIPS 2018, 406–408.

Priatna, N., Lorenzia, S. A., & Muchlis, E. E. (2020). Pedesaan Pengembangan Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 347–359. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.29636

Rahayu, E., & Hartono, H. (2016). Keefektifan Model PBL dan PjBL Ditinjau dari Prestasi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9629

Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA Developing Mathematics Teaching Materials Using Open-ended Approach to Improve Critical and Creative Thinking Skills of SMA. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 205–218.

Suarditha, I. M. W. P., Candiasa, I. M., & Hartawan, I. G. N. Y. (2019). Pengaruh Asesmen Formatif Bentuk Proyek Terhadap Keyakinan Diri (Self Efficacy) Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X-Mia Sma Negeri 1 Marga. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(1), 12. https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i1.19872

Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796

Diterbitkan

2024-06-01

Citation Check