PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KUBUS DITINJAU DARI LEVEL VAN HIELE

Penulis

  • Putri Vasra Handayani Tadulako University, Indonesia
  • Sukayasa Sukayasa Tadulako University, Indonesia
  • Dasa Ismaimuza Tadulako University, Indonesia
  • Welli Meinarni Tadulako University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i1.3448

Kata Kunci:

Van Hiele, Concept Understanding, Solving Cube Problems

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai pemahaman konsep siswa kelas IX SMP Negeri 3 Dampelas dalam menyelesaikan soal kubus ditinjau dari level berpikir Van Hiele. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 3 Dampelas sebanyak 3 siswa. Pemilihan subjek berdasarkan level berpikir Van Hiele. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa hasil tes geometri siswa. Hasil tes siswa dalam menyelesaikan soal kubus. Instrumen penelitian ini terdiri dari Van Hiele Geometry Test (VHGT) untuk mengetahui level berpikir geometri siswa, soal tes pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal kubus dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang berada pada level 0 berpikir Van Hiele hanya memenuhi satu indikator yaitu mengidentifikasi contoh dan bukan contoh. Kemudian siswa yang berada pada level 1 berpikir Van Hiele mampu memenuhi dua indikator yaitu menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari dan mengidentifikasi contoh dan bukan contoh. Sedangkan siswa yang berada pada level 2 berpikir Van Hiele telah memenuhi semua indikator yaitu menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, mengidentifikasi contoh dan bukan contoh dan mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya.

Referensi

Astuti, R., Suryadi, D., & Turmudi. (2018). Analysis on geometry skills of junior high school students on the concept congruence based on Van Hiele’s geometric thinking level. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012036

Depitasari, R., Muchlis, E. E., & Irsal, N. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Setelah Pembelajaran Menggunakan Lkpd Dengan Model Inkuiri. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(1), 58–70. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.58-70

Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus Dan Balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.552

Kandaga, T., Rosjanuardi, R., & Juandi, D. (2022). Epistemological Obstacle in Transformation Geometry Based on van Hiele’s Level. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(4). https://doi.org/10.29333/ejmste/11914

Khodijah, N., Hartini, S., & Lestari, W. D. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Berbantuan Ludo Math Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Berdasarkan Tingkat Disposisi Matematis Siswa. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 101–111. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.140

Lutfi, M. K., & Jupri, A. (2020). Analysis of junior high school students ’ spatial ability based on Van Hiele ’ s level of geometrical thinking for the topic of triangle similarity Analysis of junior high school students ’ spatial ability based on Van Hiele ’ s level of geometrical think. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032026

Maharani, A., Sulaiman, H., Saifurrohman, Aminah, N., & Rosita, C. D. (2019). Analyzing the student’s cognitive abilities through the thinking levels of geometry van hiele reviewed from gender perspective. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012066

Mayestika, P., & Hasmira, M. H. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengawasi Penyalahgunaan Gadget oleh Anak di Masa Pandemi Covid-19 (Studi: Nagari Durian Gadang Kabupaten Limapuluh Kota). Jurnal Perspektif Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 4(4), 519–530. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=_Rko8xkAAAAJ&citation_for_view=_Rko8xkAAAAJ:_Qo2XoVZTnwC

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.

Nasifah, Arif Muchyidin, & Muhamad Ali Misri. (2022). Analysis of the Geometric Thinking Stage of Madrasah Tsanawiyah Students Based on Van Hiele’s Theory. Journal of Mathematics Instruction, Social Research and Opinion, 1(2), 63–72. https://doi.org/10.58421/misro.v1i2.21

Nasution, M. (2018). Konsep Standar Proses Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma, 120–138.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD. https://doi.org/10.1787/55f07c74-en

Permendikbudristek. (2022). Permendikbudristek No. 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Pildayani, Sukayasa, & Idris, M. (2018). Profil Pemecahan Masalah Bangun Datar Segitiga Ditinjau Dari Level Perkembangan Berpikir Van Hiele Pada Siswa SMP Negeri 3 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3).

Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878

Rosanti, A. S., Rizal, M., & Ismaimuza, D. (2017). Masalah Matematika Non Geometri Berdasarkan Level 2 Perkembangan Berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 02(01).

Shomad, Z. A., Kusmadi, T. A., & Riyadi. (2017). The Van Hiele geometry thinking levels of mild mental retardation students The Van Hiele geometry thinking levels of mild mental retardation students. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/943/1/012014

Simbolon, F. J., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2020). Pengaruh Pendekatan Resource Based Leaarning (RBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(2), 77–88. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp76-88

Watan, S., & Sugiman. (2018). Exploring the relationship between teachers ’ instructional and students ’ geometrical thinking levels based on van Hiele theory Exploring the relationship between teachers ’ instructional and students ’ geometrical thinking levels based on van Hiele theo. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012122

Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya Perkembangan Pendidikan Di Era Modern. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1–3.

Diterbitkan

2024-06-01

Citation Check