ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TAHAP NEWMAN

Authors

  • Ulfa Luthfiani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2167

Keywords:

Analisis, Kesalahan Newman, Lingkaran

Abstract

Lingkaran ialah sebuah materi yang hendaknya dipahami oleh siswa. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan memahami kesalahan apakah  yang diperbuat peserta didik dalam pengerjaan soal dalam materi lingkaran. Jenis penelitian ini diskriptif kualitatif. Penelitian tersebut dijalani melalui pemberian soal tes tertulis kepada 13 siswa kelas VIII di Pondok Pesantren Prof.Dr.HAMKA Maninjau. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisa melalui pereduksian data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Kesalahan siswa saat menyelesaikan soal lingkaran yakni kesalahan reading (membaca) sebesar 14,00%. Kesalahan comprehention (memahami soal) sebesar 22,00%. Kesalahan transformation (transformasi) sebanyak 24,67%. Kesalahan process skill (kesalahan keterampilan proses) sebesar 16,00%. Kesalahan encoding eror (penulisan jawaban) sebesar 23,33%. Kebanyakan siswa membuat kesalahan transformation juga kesalahan saat menulis jawaban.

References

Adilla, D., Zanthy, L., & Yuspriyati, D. (2020). Karakteristik Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Lingkaran. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5, 35.

Anwar, Z. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Sorong. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 10–13.

Ayu, L. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Smk Kelas Xi Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1.

Bahir, R. A., & Mampouw, H. L. (2020). Identifikasi Kesalahan Siswa SMA dalam Membuat Pemodelan Matematika dan Penyebabnya. Jurnal Cendekia, 4(1), 72–81.

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan. KadikmA, 8(1), 40–51.

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. JIPMat, 4(1), Article 1.

Hadari Nawawi. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hendrayanto, D. N., Widodo, S. A., Wijayanto, Z., & Wahmad, W. (2021). Aplikasi Teori Newman: Bagaimana Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Geometri 3D? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 94–108.

Jayanti, R. A., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 259–272.

Komalasari, L. I. (2020). Analisis Tingkat Kesulitan Siswa Dalam Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Persamaan Kuadrat. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 139.

Lestari, A. P., Hasbi, M., & Lefrida, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Ix Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling Dan Luas Lingkaran Di Smp Al-Azhar Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), Article 4.

Lineaus, J. F., Rizal, M., & Anggraini, A. (2016). Analisis Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas X Sma Negeri 1 Banawa Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3), Article 3.

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819–826.

Mulyono Abdurrahman. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori Dan Terapan Matematika, 16(2), Article 2.

Punding, W. (2018). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran di Kelas VIII MTS Islamiyah Palangka Raya. Jurnal Pendidikan, 19(2), 129–142.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-10-18

Issue

Section

Articles

Citation Check