Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi dalam Perspektif Filsafat Matematika

Penulis

  • Yunus Shobrun STIT Internasional Muhammadiyah Batam, Indonesia
  • Izwita Dewi Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2398

Kata Kunci:

Filsafat, Matematika, Pembelajaran Berbasis Teknologi

Abstrak

Sebagai ilmu tentang pencarian kebenaran berdasarkan nalar, filsafat memiliki kontribusi besar dalam perkembangan matematika dan teknologi, termasuk dalam pembelajaran matematika berbasis teknologi yang tidak terpisahkan satu sama lain.  Cabang filsafat, yakni filsafat matematika, memberi pengaruh terhadap cara seorang pendidik dalam pembelajaran matematika memandang matematika, kemudian berdampak pada metode ajar yang digunakan, dimana cara memandang tersebut dipengaruhi oleh pola pikir aliran-aliran filsafat matematika tersebut. Pembelajaran matematika tidak sekadar belajar teori-teori matematika, tetapi turut memahami kejadian atau pengalaman hidup yang mengakibatkan munculnya dan untuk apa teori matematika tersebut ada (ontologi, epistemologi, aksiologi). Kemampuan dalam hal teknologi penting dimiliki dan diajarkan melalui pendidikan, salah satunya pada pembelajaran matematika untuk mencari kebenaran filsafat atas pemikiran-pemikiran manusia. Teknologi dalam pembelajaran matematika dijadikan sebagai sumber, media, dan atau alat pembelajaran, sehingga memperkuat hubungan matematika dan teknologi yang tidak terpisahkan untuk mempermudah penerapan ilmu matematika dan meningkatkan motivasi sehingga diperoleh luaran akhir berupa ketuntasan belajar.

Referensi

Aji Sofian dan Robbiyanto. (2021). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: CV. Penerbit.

Bakry, Noor MS. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Liberty.

Budiman, Haris. (2017). “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikanâ€. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 75-83. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Ernest, Paul. (1991). The Philosophy of Mathematics Education. London: The Falmer Press.

Frans Magnis dan Suseno S.J. (1991). Filsafat Sebagai Ilmu Kritis. Sleman: PT Karnisius.

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Haryono, Didi. (2014). Filsafat Matematika (Suatu Tinjauan Epistemologi dan Filosofis). CV. Bandung: Alfabeta.

Howard W. Eves dan Carroll V Newsom. (1965). Introduction to the Foundations and Fundamental Concepts of Mathematics. California: Harcourt College Publishers.

Ina Desmaniar Azhariadi dan Zuliana Linggo Geni. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Daerah Terpencil. Proseding Seminar Nasional Pendidikan: Palembang: Universitas PGRI.

Japar, Muhammad. (2018). Teknologi dan Informasi Pendidikan. Jakarta: Laboratorium Sosial Politik Press.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud-Ristek.

Nugroho, Muhammad Aji. (2014). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasahâ€. Mudaraisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 30-60. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i1.30-60

Puspitarini, Dyah. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1-6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307.

Renna, Hendrik Ryan Puan. (2022). “Konsep Pendidikan Menurut John Locke dan Relevansinya bagi Pendidikan Sekolah Dasar di Wilayah Pedalaman Papuaâ€. Jurnal Papeda, 4(1), 7-16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1698

Russel, Bertrand. (1903). The Principle Of Mathematics. Cambridge: University Press.

Simangunsong, Venny Herawati dkk. (2021). “Hubungan Filsafat Pendidikan Dan Filsafat Matematika Dengan Pendidikanâ€. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied. Vol. 2(2), 14-25.

Wahyu Purnama dan Maya Siti Rohmah. (2018). Sejarah dan Filsafat Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wahyudin. (2013). Hakikat, Sejarah dan Filsafat Matematika. Bandung: Mandiri.

Diterbitkan

2022-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check